Ratusan Orang Demo Tolak Pembangunan di Puncak Ijen

0
123
Pendemo beraksi di Paltuding kemarin. Mereka menolak berdirinya bangunan di Ijen dan penanaman bawang putih diatas lahan 80 hektare.

LICIN – Ratusan orang berunjuk rasa di Paltuding kemarin (8/11). Masyarakat yang tergabung dalam enam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan petani lereng Ijen itu, menolak keras bangunan di puncak Ijen. Mereka juga menolak penanaman bawang putih diatas lahan seluas 80 hektare.

Loading...

Para pendemo membawa banner bertuliskan “Tolak Segala Bentuk Pembangunan Fisik dan Penanaman Bawang Putih di Sekitar Ijen”. Tidak hanya itu, mereka juga mengecam PT Litjen untuk segera membongkar semua peralatan dan segala macam bentuk kesiapan yang dilakukan untuk menanam bawang putih.

“Kami melakukan unjuk rasa agar penanaman bawang putih dihentikan. Karena akan menjadikan lereng Ijen lahan yang rawan longsor,” teriak Yoyok, 40, koordinator pengunjuk rasa.

Jika tuntutan tidak dikabulkan, pendemo akan menggelar aksi yang lebih besar di DPRD. “Kami akan konsilidasikan kekuatan yang lebih besar lagi. Ini perkara rakyat. lni perkara desa membangun bangsa,” tegas Yoyok, sambil membubarkan masa dan bergegas meninggalkan Paltuding.

Menanggapi tuntutan pendemo, KBKSDA Jawa Timur akan segera melalukan kajian. Permasalahan lahan pertanian yang akan ditanami bawang putih adalah permasalahan antara PT Litjen dan Serikat Tani Tamansari.

“kami sudah jelaskan kepada para pendemo. Namum setelah mereka berorasi, mereka langsung membubarkan diri dan tidak mendengarkan penjelasan lebih lanjut dari kami,” tandas Kepala BKSDA Provinsi Jatim Ayu Dewi Utari. (radar)

loading...