Rawan Kisruh Saat Pilkades, Dua Desa Ini Dijaga Brimob

0
227
ILUSTRASI

BANYUWANGI – Polres Banyuwangi akan mendapatkan bantuan satuan setingkat kompi (SSK) Brimob Kompi 38. Pasukan itu dikirim langsung dari Polda Jawa Timur untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan digelar serentak Rabu besok (8/11).

Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto melalui Kasubag Humas AKP Bakin mengatakan, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkades serentak akan mendapat pengamanan ekstra. Terutama bagi dua desa yang dinilai rawan terjadinya kekisruhan.

Dua desa yang dinilai rawan terjadi kekisruhan saat Pilkades berlangsung yakni Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore dan Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. “Khusus dua desa ini akan kami siagakan pasukan Brimob, dibantu pasukan Pengendalian Masa (Dalmas) Polres Banyuwangi,” tegasnya.

Loading...

Secara keseluruhan, pihaknya menerjunkan pasukan sebanyak 475 personel di tempat pemungutan suara (TPS),  115 pasukan stand by di Polsek,  70 personel dalmas Polres, 30 personel Dalmas kerangka, dan 23 pesonel Dalmas polwan. “Total keseluruhan kekuatan pengamanan selama Pilkades dari Polres Banyuwangi saja sejumlah 713 anggota,” jelasnya.

Selain diperkuat pasukan Brimob kompi 38 dari Polda Jawa Timur, Polres Banyuwangi juga akan mendapatkan bala bantuan dari Dalmas Polri jajaran. “Jadi Polres jajaran, seperti Polres Jember, Situbondi dan Bondowoso juga akan ikut memberikan BKO personel ke Banyuwangi,” terang Bakin.

Pasukan tersebut rencananya akan disiagakan sejak H-1 hingga H+1 pelaksanaan Pilkades atau mulai 7 sampai 9 November 2017. “Dari 51 yang akan menyelenggarakan Pilkades, sementara dari hasil pemantauan baru dua desa yang kami nilai rawan. Karena sebelum Pilkades sudah terjadi aksi protes cukup memanas dari salah satu pasangan calon kepala desa,” bebernya.

Dia berharap, agar warga yang desanya menyelengarakan Pilkades dapat ikut bersama-sama jaga situasi kemanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga, hasil Pilkades bisa memberikan manfaat yang terbaik untuk masyarakat dan Ban yuwangi.  (radar)

loading...