Kabid Humas: Media itu Partner Polisi

0
203
Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera

BANYUWANGI- Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jatim, Kombespol Frans Mangera mengingatkan jajaran Polres se-Eks Keresidenan Besuki agar menjalin komunikasi yang baik dengan unsur media.

Menurut dia, media merupakan partner untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat,  termasuk informasi terkait kegiatan kepolisian. Hal itu dia sampaikan saat berkunjung ke Mapolres Banyuwangi kemarin (19/5).

“Kita (polisi) itu memerluknn media. Polisi tidak bisa bekerja tanpa media. Media ini partner kita. Media bisa memberikan informasi dan edukasi kepada publik,” ujarnya. Karena itu, Frans meminta jajaran Polres se-eks Karisidenan Besuki untuk melakukan elaborasi media konvensional, media sosial, serta media internal kepolisian.

Tujuannya tentu untuk kebaikan program kerja polisi sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. “Caranya, kalau ada berita baru yang ditampilkan di media konvensional, bisa di-share melalui media sosial dan media internal kepolisian untuk disampaikan ke publik. Karena media sosial dan media internal kepolisian juga diakses ribuan masyarakat,” kata dia.

Loading...

Frans menambahkan, semua hal yang dilakukan jajaran kepolisian harus diketahui publik. Di sisi lain, media berperan menyebarkan informasi tersebut. Polisi tidak bisa bekerja dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkam-tibmas).

Menurut dia, program kam-tibmas dijalankan aparat tidak akan sampai ke kalangan masyarakat jika tidak dibantu tulisan insan pers. Aparat kepolisian juga butuh kritik dari masyarakat yang disampaikan melalui medsos.

“Harkamtibmas tidak bisa dilakukan oleh polisi tanpa dukungan masyarakat melalui media konvensional maupun media sosial,” kata dia. Lantaran membangun komunikasi yang baik dengan media sangat penting, maka Bidang Humas Polda Jatim sengaja mengumpulkan personel subbaghumas dan petugas operator Cyber Troops (pasukan cyber) dari eks Karesidenan Besuki di Ruang Rupatama Polres Banyuwangi.

Para personel kehumasan dan petugas patroli dunia maya dari Polres Banyuwangi, Situbondo, Jember, dan Bondowoso diberi pembekalan khusus agar intens mengunggab kegiatan positif institusi kepolisian melalui media sosial.

Arahan tersebut berlangsung kurang lebih 1.5 jam.  Sementara itu, Kapolres Banyuwangi, AKBP Agus Yulianto, mengaku peran media dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat sangat besar.

Karena itu, dia mengaku akan terus menjaga dan meningkatkan komunikasi yang baik dengan unsur media yang selama ini telah terjalin. Kapolres menambahkan, selama ini berita media sosial tidak bisa dibendung dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Semua orang bisa mengeluarkan opininya, baik berdasar fakta atau tidak.

“Maka, diperlukan seluruh humas jajaran Korwil Besuki dan polsek agar tahu cara-cara atau langkah- langkah menangani berita-berita di media sosial,”  pungkasnya. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :