Pasukan Monyet Serang Warga, Kapolsek Muncar Intruksikan Tembak Mati

0
296
lstikomah (kanan) menunjukkan luka bekas gigitan monyet liar yang menyerang warga Dusun Mangunrejo, Desa Blambangan, Muncar, kemarin (6/11).

MUNCAR – Warga Dusun Mangunreio, Desa Blambangan, Kecamatan Muncar digegerkan munculnya “pasukan” monyet yang berkeliaran di kampugnya. Sudah sepekan ini, kawanan monyet menganggu warga dan ternak.

Malahan, salah satu warga, Istikomah, 45, asal Dusun Mangunrejo, Desa Blambangan, diserang oleh kawanan monyet hingga mengalami luka cakar dan gigitan di kepala bagian belakang, kemarin (6/11). “Moyetnya itu besar-besar,” terang Istikomah.

lstikomah mengaku kawanan monyet itu menyerang sekitar pukul 09.00. Kemarin pagi (6/11), dia berniat mencuci baju di sungai. Saat melewati jalan setapak di samping kandang sapi, salah satu monyet berukuran besar meloncat ke punggungnya. “Saya kaget dan berusaha melepas monyet itu,” katanya.

Saat mencoba melepas cengkaraman, terang dia, monyet itu malah menggigit. Akibat gigitannya itu, membuat luka di kepala bagian belakang. “Setelah menggigit, monyet melompat dan saya lari ke rumah,” ungkapnya.

Loading...

Menurut Istikomah, akhir-akhir ini banyak monyet yang berkeliaran di sekitar kampungnya. Hanya saja, baru kali ini menyerang warga. Tidak tahu asal monyet, tapi agak banyak,” ujarnya.

Luka bekas gigitan monyet pada lstikomah, ternyata cukup parah. Malahan luka pada kepala bagian belakang itu perlu dibersihkan dan dijahit. “Lukanya cukup dalam dan lebar,” terang petugas medis dari Puskesmas Tapanrejo dr Aprin.

Menurut Aprin, luka bekas serangan monyet itu ada dua, yakni di kepala bagian belakang agak atas dan bagian bawah. Luka yang atas itu bekas cakaran dan yang bawah terkena gigitan. “Jumlah jahitan atas dan bawah itu sebanyak lima,” jelasnya.

Luka bekas gigitan monyet itu, jelas dia, bisa menimbulkan infeksi. Pihaknya sudah memberikan obat dan perawatan. “Luka bisa infeksi, korban harus rutin untuk melakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Kawanan monyet yang banyak berkeliaran di Desa Blambangan itu liar. Selama ini, warga juga resah dengan monyet yang sering mengganggu itu. Selama warga hanya bisa mengusir dengan kayu atau alat lainnya. “Sudah seminggu ini marak monyet di sini,” ujar salah satu perangkat Desa Blambangan Eko Priyono.

Monyet liar yang berkeliaran itu, lanjut dia, tidak hanya di desanya. Tapi, juga banyak ditemukan di beberapa desa yang ada di Kecamatan Muncar, seperti Desa Sumberberas, Sumbersewu, dan Tembokrejo. “Yang di Desa Blambangan itu ada enam ekor, ukurannya seperti anak yang masih umur dua tahun,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Muncar Kompol Agus Dwi Jatmiko mengatakan, jika monyet liar itu telah mengancam warga, lebih baik ditembak mati saja. Pihaknya akan menyusuri lokasi yang sering dibuat main kawanan monyet tersebut. “Kita akan memburu monyet itu,” katanya.

Tembak mati kepada kawanan monyet dianggap lebih baik karena telah meresahkan warga dan mengancam keselamatan. “Jika mengancam keselamatan warga, mending dibunuh dibunuh,” tegarnya. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :