Cuaca Buruk, Nelayan Muncar Enggan Melaut

0
109

MUNCAR-Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Banyuwangi Selatan sejak Senin (3/4) pukul 16.00 hingga Selasa sore (4/4), membuat aktivitas nelayan terhenti. Para  nelayan tidak ada yang berani melaut. Salah satu nelayan, Arifin, 45, asal Dusun  Krajan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar,  mengatakan banyak nelayan yang biasanya  berangkat melaut pada sore dan malam hari,  sejak Senin (3/4) tidak ada yang kerja.

Loading...

“Nelayan yang sudah siap-siap berangkat, mengurungkan  niatnya,” katanya.  Arifin bersama nelayan lain mengaku bukan takut untuk tetap bekerja. Tapi, dirinya lebih  menjaga keselamatan dan kesehatan. Sebab,  itu lebih penting dari sekedar mencari ikan.

“Memang sangat susah, kalau tidak kerja tidak  dapat uang, tapi kalau dipaksakan bisa berbahaya,” ujarnya. Nelayan lainnya, Amrullah, 50, warga Dusun  Muncar Baru, Desa Tembokrejo, mengatakan saat hujan turun itu sebenarnya sangat menguntungkan dalam mencari ikan. Tapi demi  keselamatan, banyak nelayan yang menunda keberangkatannya.

“Mencari ikan saat hujan itu malah enak, ikannya pada di atas. Tapi kalau hujan besar, ombaknya terkadang ikut besar,” ungkapnya. (radar)

loading...